Rabu, 07 Juli 2021

PENGALAMAN MENGIKUTI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 : PROGRAM KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN BUDAYA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Assalamu’alaikum wr.wb

Hai! Apa Kabar? Semoga dalam keadaan sehat dan bahagia yaaaa ^^

Di keadaan pandemi Covid-19 seperti ini kesehatan sangat penting untuk dijaga. Ya gimana, kalau kurang sehat mudah banget virus dan bakteri masuk kedalam tubuh, apalagi virus yang berbahaya seperti Covid-19. Hmmm..

Ngomongin Pandemi Covid-19 yang sudah satu tahun lebih di Indonesia, banyak banget dampak yang dialami Masyarakat, mulai dari segi ekonomi, transportasi hingga pendidikan.  Ada banyak tulang punggung keluarga yang terpaksa di PHK, banyak pedagang-pedagang kecil yang penghasilannya menurun bahkan sampai mau tidak mau harus ditutup. Akses antar kota dibatasi, bahkan sudah dua tahun setiap raya Idul Fitri banyak yang gagal mudik demi mengurangi angka penularan covid-19. Dampak pandemi ini juga sangat mempengaruhi pendidikan di Indonesia, dimana  sulitnya menyampaikan materi yang interaktif, sulit membangun komunikasi antar peserta didik, antar peserta didik-pengajar maupun pengajar-pengajar sehingga mengakibatkan pemahaman pendidik berkurang. Segala upaya sudah dilakukan termasuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi untuk melaksanaan pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Ya, selama pandemi aplikasi pertemuan dan penugasan secara online seperti google meet, zoom meeting, google classroom, google drive, dan lain-lain sangat sering digunakan, namun tidak bisa dibantah bahwa secanggih-canggihnya teknologi menggantikan metode pendidikan tatap muka, tetap saja tidak mampu memberikan interaksi yang baik antar pengajar dan peserta didik, feelnya beda gitu, antara belajar langsung di dalam kelas dan belajar di depan komputer atau handphone, belum lagi hambatan ketika pengajar belum terbiasa dengan perkembangan teknologi. Hmmm.. Tapi ya mau gimana lagi, jika tidak beradaptasi dengan teknologi dan membiasakan pembelajaran online, bagaimana cara mempertahankan kualitas pendidikan di masa pandemi seperti ini?

Dari permasalahan dan Upaya terkait pendidikan yang sudah saya sebutkan diatas, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan punya upaya lain nih dalam mengatasi menurunnya kualitas pembelajaran di Indonesia terutama di Sekolah dasar dan di Wilayah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Kenapa harus SD sih? Ya kalian tau sendiri kan, Pendidikan Sekolah Dasar itu adalah “Dasar”nya untuk pendidikan selanjutnya, mulai dari membaca, berhitung, penalaran, kemampuan bekerja sama dan diskusi harus dibentuk dari SD. Oke, itu saja intronya.. saya rasa sudah kepanjangan.

Saya yakin kalau kamu sudah baca ini, harusnya sudah tau apa itu kampus mengajar dan apa aja manfaatnya kan? kalau belum tau, buka aja ignya @kampusmengajar. disana lengkap. atau tinggal cari di google, soalnya tiap angkatan biasanya beda-beda persyaratan dan keuntungan yang didapat, penerapan programnya biasanya juga beda karena tiap mulai program baru pasti ada yang diperbaiki persyaratannya biar lebih maksimal lagi.



Sebelum mendaftar, kamu harus punya akun Kampus Merdeka Dulu, buatnya di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/ klik daftar, masukin e-mail, dll ikuti langkah-langkahnya yaa.. udah gede pasti ngerti sendiri hehe.. pokoknya ntar dikirimin e-mail kalau berhasil, trus ganti sandi. 

Selanjutnya pilih program yang mau diikuti, kan ada banyak tuh. pilih lah kampus mengajar, klik, trus liat persyaratannya apa aja.

Dulu sih, pas daftar saya cuma disuruh upload 3 berkas yaitu :

1. Surat Rekomendasi dari Dekan

2. Transkrip Nilai

3. Sertifikat aktif organisasi dan Pengalaman mengajar

kalau surat rekomendasi dari dekan yang ngurus per jurusan, tergantung kampus ya, kalau UM Alhamdulillahnya kajurku sangat gercep. jadi dikoordinir terus jadinya cepet. lalu Transkrip Nilai saya screenshot dari SIAKAD UM jadi gak perlu ngurus lagi ke rektorat, yang terakhir sertifikat aktif organisasi, aku punya 6 cuma dulu yang kumasukin cuma 5 karena maksimal 5. untuk pengalaman mengajar kalau ada ya upload kalau gak ada ya gausah, dulu aku gak upload karena gak punya setifikat mengajar, cuma pernah ngelesin anak SD kelas 1 cuma sebulan hehe. oke, Buat kalian yang bingung gimana formatnya aku share di Link di akhir artikel ini yaa ^^

Kalau udah diupload, tinggal tunggu pengumuman, dulu nunggu pengumumannya sempat diundur 1 hari dan jamnya gak pasti, berubah-ubah. bikin kami semua yang daftar pada greget sndiri hahah.. tapi ternyata Alhamdulilah lolos tahap 1, ditahap ini juga banyak yang lolos kok, jadi jangan senang dulu hahah.. selanjutnya tahap 2 survei kewarganegaraan. namanya juga survei jadi mungkin gak ada bener salah. cuma ini mereka panitia ngumpulin data buat tau mana nih mahasiswa yang kurang pancasilais haha. tapi beneran deh gampang banget surveinya, yang penting tau toleransi dan saling menghargai. aku kurang tau sistem penilaiannya gimana di tahap 2 ini banyak yang gugur, ya karena ini kan tahap akhir ya. bahkan temen sekelasku juga gugur. aku ngiranya sih karna kota dia kurang 3T ya, mungkin lohh...

Pas pengumuman akhir, lihatnya di akun MBKM, dan ternyata aku dinyatakan lolos, lumayan banyak yang dari kampusku. dan dipengumuman itu langsung diberitahu aku ditempatkan di SD mana, karena pas pendaftaran peserta disuruh memilih 3 SD, ya aku pilih dari SD yang paling dekat sampai yang agak jauh. tapi tetap di satu kota. dan penempatanku di SDN 1 Panji Kidul. Setelah itu ada grub resmi telegramnya, dikasih link dari sananya. join, terus aku cek siapa aja temenku yang satu kota dan juga keterima di program ini. akhirnya saling tukar informasi dan masuk lah aku ke grub WA mahasiswa yang ikut kampus mengajar yang satu kota, kota Situbondo. Penting banget gabung grub gini, biar gak ketinggalan informasi. 

Setelah gabung grub kami saling cari tau temen yang satu tempat mengajarnya sama. ternyata aku ditempatkan sendirian. agak struggling sih. tapi yaa dijalani saja. selang beberapa hari masuklah ke hari pembekalan

PEMBEKALAN

Pembelakan ini dilakukan selama 5 hari, dari senin sampai jum'at. kegiatannya dengerin sambutan dan materi dari kementrian pendidikan dan kebudayaan, pak Nadiem Makarim dan beberapa jajarannya, ada juga dari pengajar berpengalaman yang berhasil membuat pembelajaran menarik dan inovatif selama ditempatkan di SD pelosok. pokoknya materinya banyak, mulai dari diajari cara mengajar, diajari memahami karakter anak dan upaya menghadapinya, diajari penerapan pancasila di lingkungan sekolah, hingga mekanisme pelaksanaan program ini. penyampaian materi-materi tersebut dilakukan selama 5 hari dengan perhari 2-3 materi. lalu tiap hari selesai pembekalan diminta untuk merangkum miniman 25 kata/materi dan diupload di website Spada, dan ada tugas seperti studi kasus gitu. Selama pembekalan jangan dibawa berat rek. yang penting tau caranya upload rangkuman dan tugas-tugasnya, karena saking banyaknya yang akses, jadi eror mulu. jadi pinter-pinter cari celah yaa, dan jangan panik karena semua dimudahkan kok ^^

PENERJUNAN MAHASISWA (KOORDINASI DENGAN DINAS PENDIDIKAN SETEMPAT)

selama 3 hari mulai pertama penerjunan, kami seluruh mahasiswa program kampus mengajar diminta untuk meminta surat tugas ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Setempat untuk memulai program di SD sasaran kami masing-masing. waktu itu kami (mahasiswa kampus mengajar situbondo) bersama-sama ke dinas pendidikan untuk meminta surat tugas, surat tugas dari kementrian sudah diterima oleh sekertaris diknas, sedangkan untuk meminta surat tugas ke sekolah harus menunggu kepala diknas yang pada hari pertama dan kedua masih rapat diluar kantor. sehingga kami baru mendapatkan pada hari rabunya. sebenarnya ada sedikit kendala saat mengajukan surat tugas untuk ke Sekolah. karena pihak diknas meminta surat tugas yang dikeluarkan kampus masing-masing. sedangkan tidak semua kampus bisa langsung mengeluarkan surat tugas, dan bisa berdampak keterlambatan penerjunan ke sekolah. akhirnya setelah melalui negosiasi dengan kepala TU diknas. barulah bisa diajukan surat tugas ke sekolah pada hari rabunya. 

PENUGASAN MAHASISWA (OBSERVASI)

Pada hari Kamis, setelah saya mendapatkan surat tugas dari diknas. saya langsung ke Sekolah (SDN 1 Panji kidul) besok harinya untuk menyampaikan maksud dan tujuan program yang saya hendak jalankan. sayangnya hari itu bapak kepala sekolahnya masih rapat di luar daerah dan pulangnya lebih dari jam sekolah. sehingga guru-guru yang menyambut saya meminta saya untuk datang besok, hari jum'at. tapi saya sudah terlanjur datang. sekalianlah kenalan hehe.. juga ingin tau gimana kondisi sekolah dan administrasinya. cuma karena saya jarang observasi dan wawancara, awal-awal masih agak berantakan data yang saya ambil. jadi baru saya susun setelah mendapat arahan dari DPL. 

Hari Jum'atnya barulah saya bertemu sama kepala sekolah. awalnya dari rumah saya agak gugup ya, mana sendirian lagi kan :') jadi sholat dhuha dulu sebelum berangkat. Eh, alhamdulillah sampai SD kepala sekolahnya menyambut dengan baik dan ramah ^_^ kemudian barulah saya observasi lebih lanjut terkait kondisi sekolah, metode pembelajaran, administrasi sekolah, penggunaan teknologi, dan sebagainya. Kebetulan sekolah yang saya tuju ini memang sangat kurang ya, dari jumlah siswa, minat belajar siswa, pemahaman teknologi siswa dan guru masih banyak kurangnya. sangking banyak kurangnya saya sampai bingung mau mulai dari mana 😂

Akhirnya saya memutuskan untuk urus yang paling urgent dulu, yaitu kualitas dan pengalaman belajar siswa. ditambah lagi wali kelas V yang pada saat saya mulai bertugas ternyata guru tersebut pensiun. tepat sekali. untuk administrasi sekolahnya sudah cukup tertata, kecuali untuk penilaian yang ternyata tidak pernah diisi hingga hampir akhir semester :') 

 MASA PENUGASAN

Setelah 3 hari kunjungan ke dinas dan 3 hari observasi sekolah. pekan selanjutnya mulai bertugas, sembari saya observasi lanjutan terkait aspek-aspek pembelajaran di sekolah saya juga langsung mengajar pada siswa kelas V. namun, siswa kelas V yang berjumlah 4 orang, hanya ada 1-2 yang hadir selama sekitar 2 pekan saya di sekolah, bahkan kadang malah tidak ada yang masuk sama sekali. ada beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, sehingga saya harus mencari solusi agar semua siswanya masuk sekolah. Ya, namanya anak SD ya, sering sekali merasa bosan dalam belajar, apalagi dengan metode yang hanya mendengarkan dan mengerjakan tugas. jadi saya dituntut untuk membuat suasana belajar jadi menyenangkan. saya juga tidak berani terlalu galak dengan siswa, takut mereka tidak betah saya ajari :') namun pengajaran saya memang cenderung seperti mengajari adik saya sendiri, melalui pembelajaran pendekatan sacara verbal dan nonverbal, ekspresif dan berbeda dengan cara biasa guru kelas V mengajar, dan Alhamdulillah perjuangan saya membuahkan hasil. akhirnya semua siswa jadi mau masuk jika saya yang mengajar.
D
engan pengalaman ini saya jadi mengerti mengajar itu ternyata tidak mudah :) Apalagi anak SD, ga bisa selalu digalakin, harus dibujuk dulu dan harus dibuat sambil bermain. namun kelemahannya, materi yang tersampaikan jadi tidak begitu banyak karena dilakukan sambil bermain, jadi tantangan buat saya dalam menghadapi hal tersebut. 

Selama penugasan saya mengajar 3-5 hari dalam sepekan dan 3-4 jam dalam sehari, ini tidak ada patokan dari penitia KM. yang penting dalam sehari harus ada sesuatu yang kamu kerjakan dari beberapa aspek, mungkin di pembelajaran, administrasi atau pengenalan teknologi. setiap hari upload di akun MBKM berupa deskripsi dan lampiran foto kegiatan. dan nanti akan dikoreksi oleh dosen pembimbing lapangan masing-masing. Alhamdulillah DPL ku enak banget, gak telat acc laporan mingguan. aku bersyukur banget karena ada beberapa temen yang lain dapat DPL yang bisa dibilang terlalu perfeksionis, dan ada juga yang telat acc laporan mingguan. keterlambatan acc laporan berakibat terlambatnya pencairan uang saku bulanan. 

AKHIR PENUGASAN

Di masa akhir penugasan, saya mulai ngebut tuh, dalam segala aspek, namun apa daya ternyata banyak rencana yang tidak berjalan sesuai keinginan, manajemen waktu saya mungkin kurang dilatih lagi soalnya selain menjalankan program ini, saya juga harus kuliah online. dengan segala keterbatasan yang ada sangat disayangkan beberapa rencana kegiatan belum berjalan. Terkait hal ini tergantung DPL masing-masing ya, karena DPL saya memaklumi saya yang ditugaskan sendirian jadi DPL saya sangat mengapresiasi hasil kerja saya, bahkan beliau bilang bahwa saya yang paling sering membantu langsung ke Sekolah dan membuat pembelajaran dengan menarik dibanding mahasiswa bimbingannya yang lain hehe~  pokoknya DPL saya mengerti kami banget deh, bersyukur banget dapat DPL yang baik dan tidak mempersulit kami. 

Oiya, diakhir penugasan laporan sudah harus lengkap, mulai dari laporan awal, laporan mingguan dan laporan akhir. Laporan akhir deadlinenya lumayan jauh dari laporan minggu terakhir, sekitar 2 pekan setelah penarikan laporan mingguan terakhir. karena formatnya lebih lengkap dan kompleks. dan laporan akhir adalah syarat pemotongan UKT sebesar 2,4 Juta. jadi minta segera DPLmu buat acc ya, tentunya kamu juga harus revisi kalau diminta. 



Di hari terakhir penugasan saya, saya berpamitan dengan sekolah tepat acara perpisahan kelas VI. sebenarnya saya tidak benar-benar mau berpisah, karena saya yakin bisa ke SD itu lagi. soalnya saya juga sudah bilang ke kepala sekolah dan murid-murid saya bahwa kemungkinan saya datang lagi di semester genap saat saya semester akhir. Jadi perpisahan saya dan sekolah ya seadanya saja. Bersyukur sekali SD tempat saya bertugas, SDN 1 Panji Kidul sangat antusias menyambut, membimbing dan menerima saya di sana. sangat membantu penugasan saya, dan mereka juga sangat berterima kasih pada saya yang sudah mau menjalankan program KM di SDN 1 Panji Kidul. Kekeluargaan di SDN 1 Panji Kidul sangat erat, guru-gurunya juga humoris, dan tidak membosankan. saya juga sudah akrab dengan siswa-siswi disana. pokoknya saya bersyukur banget dapat SD yang enakan. Ada beberapa pengalaman dari teman-teman yang ditugaskan di SD lain, banyak problematikanya, ada yang SDnya tidak menerima, SDnya mempersulit, dan sebagainya. jadi kalau kalian dapat SD yang sulit menerima program ini, harap bersabar dan berusaha lagi ya :') 

Sudah, itu saja yang saya bisa share ke kalian. sebenarnya masih banyak sih yang belum diceritakan. beberapa masalah dan tantangan, penugasannya, dsb.. yaa.. kalian rasakan sendiri deh saat penugasan. tapi kalau mau tanya-tanya juga boleh komen dibawah atau kalau mau cepat direspon DM aja ke ig saya @imaniyah.ag , ada highlight kegiatan saya selama ikut Kampus Mengajar angkatan 1 loh.

sebelum ditutup, mau share beberapa dokmentasi selama saya bertugas ^^

Foto bersama sekretaris dinas pendidikan kabupaten Situbondo

Foto bersama siswa kelas I
 

Saat simulasi tindakan awal saat terjadi bencana

Ini pas pondok ramadhan


Pas lagi ngelukis, mereka seneng kalau ngelukisa

Hasil Lukisan kamii.. ini kurang 1 siswa (Aldi, Revi, Fitroh. kurang Riyan)


Lagi pembelajaran dengan diskusi bersama


Percobaan sederhana tentang campuran homogen dan heterogen (Video ada di YouTube imaniyah ag)

Lagi ngajar 3 siswa kelas V dan 1 siswa kelas I. 

Salah satu permainan yang mereka suka, menjadi kata benda di kelas dalam bahasa inggris (Video ada di YouTube imaniyah ag)

Mengajar di kelas IV sekaligus kelas V (wali kelas IV tidak masuk)


Ini memperagakan gerakan tarian, haha 

Last Day Penilaian Akhir Tahunn!

Minta diajak ke tempat wisata setelah ujian. sayang banget Aldi ga bisa ikut :(

Foto bersama kepala sekolah, guru dan siswa kelas VI

Foto bersama kepala sekolah dan Guru

Publikasi lampiran dapat dilihat di Media Sosial :

Youtube Channel        : Imaniyah Ag

Instagram                    : imaniyah.ag

Google Drive              : https://drive.google.com/drive/folders/1B8XKvFXdv9aUoZVok-9FwTfR8yXUVgJu?usp=sharing

Terima kasih sudah membaca, semoga kalian yang ikut Kampus Mengajar bisa mengabdi dengan maksimal yaa.. SEMANGAT !!!